Sabtu, 26 Mei 2018

Cara Menghapus Watermark Video Dengan Mudah

 Anda pasti pernah mengunduh beberapa video dari internet untuk beberapa kebutuhan. Video-video tersebut dibuat oleh pemilik videonya, dan tidak jarang dari video tersebut dipasang watermark oleh pemiliknya dengan tujuan iklan, karena diisi dengan logo atau nama pemilik.
Atau bisa juga watermark itu hanya berupa tulisan REC yang berasal dari rekaman asli handycam, yang tidak dihapus sebelum di unggah ke internet. Dan pada saat Anda mengunduhnya, Anda ingin menghapus watermark video tersebut karena tidak membutuhkannya.

Menghapus Watermark Video
                                                      source: www.alimustikasari.com

Banyak juga orang yang menghapus watermark video karena mengganggu durasi, selain itu penempatan watermark itu sering sekali tidak pada tempatnya atau sembarang letak. Dan menghapus watermark logo dalam video ini tidak sulit, Anda hanya membutuhkan beberapa langkah.
Anda sebenarnya bisa menghapus watermark tersebut dengan cara manual, namun cara tersebut sangat sulit, makanya sangat jarang orang yang akan menggunakan cara manual untuk menghapus watermark video tersebut.

Karena menghapus watermark secara manual cukup sulit, maka orang lebih memilih menghapusnya dengan menggunakan software yang tentunya lebih praktis dan mudah. Aplikasi penghapus watermark salah satunya adalah Remove Logo Now yang paling laris. Dalam aplikasi ini juga Anda bisa mengedit video seperti mengganti frame rate dan bitrate video.

Cara Menghapus Watermark Video

Cara Menghapus Logo Watermark
Jika Anda akan menghapus watermark tersebut dengan menggunakan software khusus, logo atau icon yang diselipkan di beberapa bagian dalam video tersebut bisa dihilangkan dengan cara sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi “Remove Logo Now”, yaitu sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus logo watermark. Aplikasi ini bisa di unduh di Android Anda, dan Anda bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan watermark video di Android.

2. Aplikasi ini mendukung berbagai format video seperti: AVI, MOV, MP4, WMV, MP2, M1D, DVD, M2V, FLV, SWF dan SVCD. Mayoritas video yang diunduh dari youtube adalah format MP4 dan FLV.

3. Setelah selesai mengunduhnya, Anda harus memasangnya (instalasi) agar bisa digunakan dalam media android Anda.

4. Setelah aplikasi itu terpasang, Anda bisa mulai memakainya. Buka aplikasi itu, pilih menu Add Files untuk memasukkan file video yang akan Anda edit atau hilangkan watermark videonya.  

5. Setelah video dimasukkan ke aplikasi, pilih Find Logo untuk menghapus watermark berupa logo atau text dari video tersebut. Terkadang dalam 1 video bisa terdapat beberapa watermark yang ingin dihapus, jadi Anda bisa menggunakan cara manual untuk menghapusnya.

6. Untuk 1 watermark yang terpilih, Anda harus membuat area atau blok di sekitar watermark tersebut, dimana area yang dipilih tersebut itulah yang akan dihapus. Dalam membuat area Anda harus hati-hati, karena jika tidak, maka area video yang lain akan ikut terhapus.

7. Setelah menemukan semua logo yang akan dihapus, tekan Start, maka logo-logo atau watermark yang sudah dipilih atau di blok tersebut akan dihapus. Lakukan hal yang sama untuk watermark berikutnya sampai selesai. 

8. Pilih format video yang akan Anda pakai untuk menyimpan video yang sudah selesai diedit atau sudah bersih dari watermarknya. Anda bisa menyimpannya dengan format yang sama maupun menggantinya dengan format yang lain.

Karena pembuatan watermark oleh pemilik video biasanya ditujukan untuk iklan, maka dengan menghapus watermark video tersebut secara otomatis membuat video itu sudah tidak original lagi, dan Anda bisa kembali mengunduhnya ke internet, namun disarankan untuk mengunduh video hasil buatan sendiri, bukan editan dari video orang lain.