Minggu, 27 Mei 2018

Cara Kalibrasi Touchscreen Yang Kurang Responsif Pada Ponsel Android


Cara Kalibrasi Touchscreen
Ponsel android yang digunakan zaman sekarang sudah hampir semuanya menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Memang masih ada beberapa tipe yang menggunakan tombol fisik yang model lama, tapi itu sudah jarang sekali.

Touchscreen sangat diperlukan untuk mendukung aplikasi yang ada dalam ponsel Android. Namun permasalahan yang sering dialami adalah respon dari touchscreen itu terkadang sangat lambat. Selain itu sentuhan pada layar sentuh itu sering tidak akurat. Anda mungkin pernah mengalami hal ini, misalnya Anda menekan tombol “enter”, tapi yang terdeteksi adalah tombol “back”.
Maka dibutuhkan kalibrasi touchscreen untuk mengatasi masalah tersebut, baik yang disebabkan masalah internal seperti terlalu banyak animasi, ataupun disebabkan oleh faktor eksternal misalnya pernah mengalami benturan pada layar atau jatuh.

Kalibrasi memiliki pengertian yaitu mengatur dan mendeteksi alat ukur apakah sudah akurat atau belum. Jadi dengan melakukan kalibrasi touchscreen, artinya Anda akan mendeteksi alat ukur dari layar sentuh tersebut apakah sudah mencapai akurasi yang maksimal atau belum.
Umumnya semua android itu tidak termasuk aplikasi untuk melakukan pengukuran atau kalibrasi touchscreen tersebut. Maka Anda perlu untuk mengunduhnya secara terpisah dari Google Play. Ada banyak jenis dari aplikasi kalibrasi tersebut, salah satu yang terkenal dan paling banyak digunakan adalah Touchscreen Calibration.

Touchscreen Calibration ini bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai jenis sentuhan yang ada dalam ponsel android, seperti single tap, double tap, long press (menekan dengan lama), swipe (geser), pinch (menyempitkan layar dengan gerakan seperti mencubit), dan zoom (mengatur besar kecil layar).

Cara Kalibrasi Touchscreen Yang Kurang Responsif


Berbagai Cara Kalibrasi Android
Untuk menjalankan kalibrasi atau pendeteksian tersebut, langkah-langkah yang harus dilakukan dari awal adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Touchscreen Calibration (kalibrasi touchscreen android) yang ada di Google Play Store Android Anda.

Cara Kalibrasi layar sentuh

2. Buka aplikasi Touchscreen Calibration. Anda tidak memerlukan verifikasi maupun pengaturan profile keamanan dalam aplikasi ini.
3. Setelah aplikasi itu terbuka, pilih menu “Calibrate”, maka deteksi terhadap layar sentuh akan dimulai. Perhatikan setiap perubahan dan tahapan yang terjadi dalam proses kalibrasi itu untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan.
4. Lalu Anda bisa mencoba sentuhan-sentuhan yang biasa Anda lakukan pada android Anda, seperti single tap, double tap, swipe dan sebagainya. Sentuhan-sentuhan itu akan diperintahkan oleh Test Pad yang ada pada aplikasi.
5.  Dari hasil sentuhan yang dilakukan pada layar, maka akan dapat dilakukan pengukuran atas layar yang disentuh tersebut.
6. Jika sudah muncul pesan “Calibration Succesfully, artinya proses kalibrasi itu sudah selesai, dan Anda bisa restart ponsel Anda agar aplikasi tersebut dapat mulai diterapkan pada ponsel.

Selain dengan mengunduh aplikasi Touchscreen Calibration, Anda juga dapat mengatur kalibrasi dalam ponsel, tanpa menggunakan aplikasi tambahan, yaitu dengan cara:

1. Masuk ke display setting, dan atur ulang kalibrasi yang ada dalam ponsel di bagian pengaturan. Sebelumnya, non aktifkan dahulu auto rotation (rotasi otomatis) dalam ponsel Anda untuk memudahkan dalam mencoba atur ulang tersebut.
2. Factory Reset, yaitu tampilan awal pada saat Anda pertama kali membeli Android, dan pengaturan-pengaturan yang Anda pernah lakukan terhadap android tersebut akan hilang semuanya.
3. Anda juga dapat mengubah dan mengatur kalibrasi pada layar sentuh itu dengan menggunakan kode kalibrasi android, yaitu kode rahasia yang bisa Anda dapatkan dari situs resmi android. 

Semua metode kalibrasi touchscreen tersebut sifatnya hanya mengukur dan mereset ulang pengaturan kalibrasi dalam ponsel android, bukan untuk memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi pada layar sentuh itu.