Selasa, 20 November 2018

Tips Merawat Lensa Kamera Agar Tidak Mudah Berjamur

Bagi anda yang hobby dalam dunia fotografi, anda harus memperhatikan kondisi lensa kamera anda. Ya, lensa kamera merupakan komponen yang sangat penting pada kamera untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus. Jika lensa dalam kondisi yang tidak baik, maka hasil foto yang dihasilkan juga tidak maksimal. 
Tips Merawat Lensa Kamera


Tips merawat lensa kamera
Kerusakan pada lensa kamera dapat terjadi karena kesalahan dari penggunanya. Berikut akan kami jelaskan tips perawatan pada lensa kamera.
1. Jaga kebersihan pada lensa. Jauhkan lensa dari paparan debu. Jika anda mendapati debu yang menempel pada lensa segera bersihkan dengan kain atau dengan kapas halus agar menjaga dari lensa berjamur.
2. Jangan anda sentuh lensa secara langsung menggunakan tangan atau jari anda. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jamur pada lensa karena kondisi tangan yang cenderung lembab.
3. Jangan bawa kamera anda ke tempat yang berbeda dengan suhu yang ekstrem. Pergantian suhu yang terlalu ekstrem ini juga dapat menyebabkan munculnya jamur pada lensa.
4. Jangan sekali-kali anda membersihkan lensa dengan kain atau tissue yang kasar karena dapat menyebabkan goresan pada lensa.
5. Gunakan filter seperti filter UV pada lensa yang anda miliki. Pemakaian filter sangat cocok digunakan untuk pemotretan yang dilakukan secara cepat di lokasi ekstrem seperti pada saat dokumentasi kegiatan di lapangan. Pemasangan filter ini dapat digunakan untuk memberikan efek sekaligus melindungi lensa dari paparan debu dan kotoran.
6. Pasang penutup lensa ketika tidak sedang digunakan. Hal ini sangat direkomendasikan untuk anda ketika menyimpan kamera agar lensa tidak berjamur. Penutup lensa juga dapat mencegah terjadinya goresan pada lensa akibat benda tertentu. Apalagi jika anda menyimpan kamera di dalam tas dan terdapat barang-barang lain di dalamnya, maka anda wajib memasang penutup lensa ini.
7. Jika kamera ingin disimpan, segera ubah pengaturan lensa dari auto focus (AF) menjadi menual (M) termasuk pada mode vibration reduction (VR) untuk menjaga kinerja motorik pada lensa.
8. Pasang lensa kamera pada posisi yang tepat. Anda harus memperhatikan titik kunci antara lensa dan body kamera dan jangan lupa untuk menekan tombol kuncinya.
9. Simpan semua komponen kamera pada kotak kering (dry box) untuk menjaga kamera dalam kondisi suhu yang ideal. Suhu ideal kamera berkisar antara 26 sampai 30 derajat celcius. Anda dapat membeli dry box di pasaran atau membuatnya sendiri dengan menggunakan box plastik, silica gel, hygrometer, dan busa tipis.

Tips Merawat Lensa Kamera


Kondisi lensa kamera yang lembab lama kelamaan dapat membuat munculnya jamur pada lensa. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara membersihkan lensa berjamur yaitu:
1. Anda perlu menyiapkan kain lap bersih yang lembut, obeng plus atau tool kit, cairan pembersih khusus lensa, hair dryer, dan penjepit.
2. Buka lensa dari bagian paling ujung dengan menggunakan penjepit.
3. Buka layer pertama lensa dengan membuka baut yang mengunci lensa.
4. Setelah itu, buka layer kedua dan longgarkan baut yang mengunci lalu angkat secara perlahan lensanya.
5. Bersihkan jamur yang menempel pada lensa dengan menggunakan kain yang halus. Anda dapat menambahkan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya.
6. Anda harus memastikan sampai jamur pada lensa benar-benar hilang. Jangan sampai ada tambahan debu yang menempel pada lensa. Anda dapat mengeringkan lensa setelah diberikan cairan pembersih dengan menggunakan hair dryer.
7. Setelah selesai, pasang kembali semua bagian lensa dengan benar.
8. Bersihkan juga bagian penutup lensa dan jaga tetap dalam kondisi kering.


EmoticonEmoticon