Kamis, 27 September 2018

Cara Memanggang Menggunakan Oven Kompor

Bagi anda yang memiliki hobby membuat kue, hal penting yang harus anda miliki adalah oven. Oven dapat menjadi senjata anda untuk menciptakan kue yang lezat. Berbagai jenis oven sudah tersedia di pasaran. Jenis oven yang sering digunakan adalah oven kompor.
Oven kompor juga dapat menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin memulai bisnis tetapi belum memiliki banyak modal karena harga yang cukup terjangkau. Kapasitas oven ini juga cocok digunakan untuk bisnis kecil maupun menengah.

Cara menggunakan oven kompor
                                                            surce: www.remesia.com

Cara menggunakan oven kompor
Penggunaan oven kompor sebenarnya dapat terbilang gampang-gampang susah bagi pemula yang ingin belajar membuat kue. Lalu bagaimana cara memakai oven ini? Simak penjelasan di bawah ini dan selamat mencoba !

1. Letakkan oven di atas kompor dan nyalakan api kompor. Panaskan oven sesuai dengan suhu yang diperlukan. Yang perlu anda ketahui adalah oven ini tidak memiliki tombol pengatur suhu sehingga anda harus memperkirakan suhu yang sesuai untuk memanggang kue. Anda dapat juga menggunakan thermometer khusus untuk mengetahui suhu yang sesuai.
2. Jika sudah panas, masukkan kue yang akan anda panggang. Oven ini memiliki 3 rak. Rak yang paling bawah adalah rak yang paling panas. Rak ini kurang direkomendasikan bagi anda sebagai pemula karena kemungkinan besar dapat membuat kue anda gosong dengan cepat. Biasanya rak yang paling bawah ini digunakan untuk memanggang daging.
3. Letakkan kue yang ingin anda panggang dimulai dari rak yang tengah. Setelah kira-kira hampir matang, pindahkan kue tadi ke rak yang paling atas agar matangnya lebih merata.
4. Tunggu sampai kue benar-benar matang. Kemudian matikan kompor.
5. Buka pintu oven dan angkat kue dari dalam oven. Biarkan pintu oven terbuka agar terdapat sirkulasi udara di dalam oven.

Oven kompor


Berikut kami berikan tips yang cocok bagi anda sebagai pemula untuk menggunakan oven kompor.

1. Anda tidak perlu cemas ketika mendapati bau gosong pada oven ketika pertama kali digunakan. Hal itu biasa terjadi pada oven jenis ini. Namun, bau gosong ini biasanya akan menghilang ketika sudah dalam penggunaan 3 sampai 4 kali.
2. Cara kerja oven ini fleksibel dan sangat bergantung dengan posisinya. Pastikan posisi oven dalam keadaan datar. Oven tidak boleh berada dalam posisi yang miring karena dapat membahayakan jika dalam kondisi panas. Selain itu jika dalam posisi miring, tingkat kematangan dari kue yang dipanggang tidak akan merata.
3. Jika anda menggunakan oven di luar ruangan anda harus memperhatikan kondisi api pada kompor. Anda bisa meletakkan kain atau papan yang dapat digunakan untuk mencegah angina mempengaruhi nyala api. Nyala api yang tidak stabil dapat mempengaruhi kematangan kue anda.
4. Anda dapat meletakkan pasir pada loyang yang diletakkan di bagian paling bawah untuk membuat panas pada oven merata dan tidak terlalu tinggi. Jika anda kesulitan mendapatkan pasir yang bersih dan takut pasir tersebut akan mengkontaminasi kuman pada makanan, anda dapat mengganti pasir dengan menggunakan air. Tetapi, anda harus terus mengisi air ketika air sudah kering di dalam loyang.
5. Sebelum anda membeli loyang, anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran oven anda. Jangan sampai loyang yang anda beli terlalu kecil atau bahkan terlalu besar sehingga tidak dapat masuk ke dalam oven.
6. Perhatikan kematangan kue dan tunggulah di dekat oven ketika anda memanggang kue. Jangan sampai anda kue yang anda panggang gosong ketika anda tinggalkan.


EmoticonEmoticon