Minggu, 16 September 2018

Ini Dia Bahaya Memasang Behel Gigi Murah

Behel atau kawat gigi memang menjadi sebuah trend terkini khususnya di kalangan remaja. Padahal fungsi utama dari behel ini adalah untuk merapikan atau meratakan gigi, yang letaknya tidak beraturan. Gigi yang rapi merupakan idaman atau impian banyak orang, bagi anda yang ingin merapikan gigi maka anda bisa menggunakan behel gigi.

Bahaya Memasang Behel Gigi Murah
                                                            source: www.twitter.com

Menggunakan behel atau kawat gigi seharusnya di tempat yang tepat, yaitu di dokter gigi terpercaya. Tetapi sekarang sudah banyak sekali orang yang memakai kawat gigi tidak di dokter gigi, melainkan di tukang gigi. Tujuannya adalah untuk mendapat harga yang murah, karena pemasangan behel di dokter gigi memang memerlukan biaya yang cukup mahal.

Dampak Buruk Dan Akibat Dari Memakai Behel Gigi

Ada beberapa akibat memakai behel yang tidak baik, jika anda memasang behel tersebut di tukang gigi. Yaitu :

1. Pemasangan dilakukan dengan asal-asalan
Memasang behel di tukang gigi biasanya akan asal-asalan dibanding jika anda memasang behel tersebut di dokter gigi. Bahkan akibatnya bisa sangat berbahaya, karena bisa melewatkan suatu prosedur penting dalam pemasangan behel seperti misalnya rontgen gigi dan dalam hal pengecekan kondisi gigi dengan lebih detail.
2. Gigi akan berisiko goyang dan terjadi radang pada gusi
Ada banyak kasus yang terjadi akibat pasang behel yang dilakukan bukan oleh seorang profesional. Diantaranya yang paling ekstrim adalah gigi akan menekuk ke dalam, akibat dari pemasangan behel yang sembarangan dan tarikannya terlalu kuat. Bahkan ada juga yang giginya menjadi goyang, dan tak mungkin kembali seperti semula.
3. Akan berpengaruh kepada proses menggigit makanan
Pemasangan behel yang dilakukan dengan asal-asalan juga akan menyebabkan pergeseran gigi, pada bagian rahang atas dan juga rahang bawah. Akibatnya proses menggigit atau mengunyah makanan akan menjadi tidak nyaman.
4. Terdapat kerusakan pada mulut dan bentuk wajah
Kerusakan mulut dan bentuk muka bisa menjadi salah satu akibat memakai behel murah, yang tidak dilakukan oleh dokter gigi. Hal itu dikarenakan oleh pemasangan yang tidak disesuaikan dengan kontur wajah dan juga mulut.

                                                               www.wartabuana.com


Cara Menghindari Pemasangan Behel Gigi Yang Sembarangan

Oleh karena itu anda tidak boleh tergiur dengan pemasangan behel yang murah, tanpa memerhatikan bagaimana efek buruk dari pemasangan tersebut. gigi anda bukannya terlihat rapi tetapi malah akan menjadi lebih buruk. Selain pemasangan yang dilakukan tukang gigi, sebaiknya anda tidak menggunakan behel dari online shop yang kawatnya bisa dibongkar pasang.

Biasanya kawat yang dijual oleh online shop tersebut adalah jenis kawat yang biasa digunakan untuk prakarya. Yang di mana bahannya sangat tidak aman dan berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut anda. Jadi jika anda ingin mendapatkan gigi yang rapi dengan menggunakan behel gigi, sebaiknya anda menggunakan jasa dokter gigi profesional yang lebih aman.

Karena dokter gigi merupakan tenaga medis yang sudah kompeten di bidangnya. Jika memeriksakan gigi anda ke dokter gigi dirasa membutuhkan biaya yang mahal, maka sebaiknya anda datang ke puskesmas yang biasanya mematok harga yang lebih murah tapi ditangani langsung oleh dokter gigi. Bahaya memakai behel sembarangan bisa merugikan anda sendiri.

Atau anda bisa menggunakan BPJS jika biaya perawatan behel itu cenderung mahal, yang terpenting jangan menggunakan jasa tukang gigi karena memang bukan bidangnya. Dengan menggunakan jasa dokter gigi, minimal gigi anda akan rapi dan sehat serta terhindar dari bahaya behel yang pemasangannya sembarangan.


EmoticonEmoticon