Selasa, 18 September 2018

Cara Mudah Membuat Android Virtual Device

Tahukah anda android virtual device atau yang sering disebut dengan AVD, AVD memungkinkan anda dalam mendefinisikan karakteristik dari ponsel android, tablet, android wear, atau perangkat android TV yang ingin anda simulasikan. AVD manager ini akan memudahkan anda dalam membuat dan mengelola AVD tersebut.

Cara Membuat Android Virtual Device


Jika anda ingin menguji aplikasi secara efektif maka anda harus membuat sebuah AVD yang memodelkan setip tipe perangkat, yang memang didesain untuk didukung oleh aplikasi tersebut. AVD adalah sebuah profile perangkat keras, citra sistem, tempat penyimpanan, skin, dan properti lainnya.

Cara Membuat Emulator Android Virtual Device

AVD manager dapat membantu anda dalam memilih citra AVD sistem, untuk memberikan rekomendasi yang diperlukan. Hal ini juga akan memungkinkan anda dalam mengunduh citra sistem, dengan beberapa pustaka pengaya seperti misalnya google API yang mungkin diperlukan oleh aplikasi tersebut.

Anda bisa perhatikan dengan lebih detail, bahwa citra sistem x86 merupakan jenis citra sistem yang berjalan paling cepat di emulator. Berikut ini beberapa cara membuat emulator Android Virtual Device (AVD). Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Langkah pertama anda bisa melihat dari halaman your virtual devices, yang terdapat pada AVD manager lalu klik create virtual device. Atau anda bisa menjalankan aplikasi anda dari android studio, dan pada dialog select development target anda bisa mengklik create new emulator. Nanti akan muncul laman select hardware.
2. Kemudian pilih profil perangkat keras lalu klik next, jika anda tidak melihat profil perangkat keras yang anda inginkan maka anda bisa membuat atau mengimpor profil perangkat keras.
3. Anda bisa memilih citra sistem untuk API tertentu, lalu klik next lagi. Tab recomended pun akan memberikan atau mencantumkan citra sistem, yang telah direkomendasikan. Tab lainnya biasanya akan berisi data yang lengkap, untuk panel kanan akan menunjukkan citra sistem yang telah dipilih.

Biasanya citra sistem x86 lah yang dijalankan paling cepat dalam emulator, dan jika anda melihat download yang berada di sebelah citra sistem maka anda harus mengklik dan mengunduh citra sistem tersebut. penting sekali untuk mengetahui tingkap API dalam peringkat target, karena aplikasi tidak akan berjalan pada citra sistem.

Yang memiliki tingkat API yang jumlahnya kurang dari jumlah yang dibutuhkan oleh aplikasi anda. Jika aplikasi anda telah mendeklarasikan elemen yang berada di dalam file manefes, maka aplikasi tersebut memerlukan citra sistem yang terdapat pada pustaka eksternal. Jika anda ingin menjalankan pada emulator, maka buatlah AVD yang menyertakan pustaka.

Pustaka tersebut haruslah pustaka yang memang anda butuhkan. Setelah itu maka akan muncul laman verify configuration.
4. Langkah dan cara membuat AVD yang berikutnya adalah, mengubah property AVD jika memang diperlukan. Kemudian klik finish, setelah itu anda bisa mengklik show advanced setting untuk menampilkan setelah yang lebih banyak seperti misalnya skin. AVD yang baru pun akan muncul di laman your virtual device atau dialog secret development target.

Membuat Android Virtual Device


Untuk Membuat AVD Yang Dimulai Dari Salinan

Tutorial AVD yang berikutnya adalah jika anda membuat Android Virtual Device yang berasal dari salinan, diantaranya yaitu :

1. Masuk ke laman your virtual device yang ada di AVD manager, lalu klik kanan dan pilih duplicate.
2. Kemudian klik changes atau previous jika anda perlu melakukan perubahan pada sistem image dan selec hardware.
3. Setelah itu buatlah perubahan kemudian klik finish.



EmoticonEmoticon