Kamis, 02 Agustus 2018

Cara Membuat Paspor Online Terbaru Dengan Mudah

Apakah Anda memiliki rencana untuk pergi keluar negeri ? Persiapkanlah dahulu syarat–syaratnya. Selain perbekalan dan uang yang cukup, Anda juga harus memiliki dokumen lengkap seperti visa dan paspor. Sudahkah Anda memiliki paspor ? Jika belum, segeralah untuk mendaftar paspor online. Ya!, Anda tidak perlu lagi untuk berlama–lama mengantri di kantorimigrasi. Meskipun paspor tidak langsung jadi, tetapi metode paspor online ini dinilai lebih efektif, seperti yang diketahui antrian kantor Imigrasi setiap hari membludak dan cukup menghabiskan waktu. Pelayanan pembuatan paspor online sudah tersedia dan Anda bisa mengakses websitenya 24 jam. Bagaimana cara membuat paspor online ? 
Cara Membuat Paspor Online

Daftar Paspor Online 2018
Penjelasan di bawah ini akan memberitahu Anda mengenai langkah–langkah bagaimana cara daftar antrian paspor online. Perhatikanlah baik-baik! 

1.    Penuhi Syarat
Pastikan anda sudah memenuhi syarat dan criteria sebelum mengajukan pembuatan paspor. Apa saja syaratnya?
- WNI
- KTP yang masihaktif
- KK
- Akta Kelahiran
- Buku Nikah / Akta Perkawinan / Ijazah
- Paspor lama (jika memperpanjang)
Bagi anak–anak, atau yang masih di bawah 17 tahun persyaratannya berbeda yaitu:
- WNI
- KTP milik kedua orang tua
- KK
- Akta Kelahiran
- Buku Nikah / Akta Perkawinan milik orang tua
- Paspor lama (jika memperpanjang)

2.    Kunjungi Situs Imigrasi
Untuk mendapatkan akses yang lebih mudah dan kemudahan pengisian data, Anda disarankan untuk menggunakan computer atau PC. Bukalah situs resmi Imigrasi dengan mengetikkan www.imigrasi.go.id. Lihatlah menunya, dan temukan pilihan Layanan Publik Layanan Online dan klik Layanan Paspor Online. Setelah itu, silakan lanjut dengan memilih Pra Permohonan Personal. 

3.    Pengisian Form
Isilah form dengan hati–hati, jangan sampai ada typo karena akan merugikan anda sendiri. Isilah sesuai dengan kartu identitas Anda. Sering kali terjadi kesalahan dengan mengisi nama lengkap yang ditambahkan gelar, pengisian alamat email yang tidak valid / tidak aktif, dan lain-lain. Anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama. Semua sesuai dengan apa yang tertulis pada dokumen persyaratan Anda.

4.    Pembayaran
Pendaftaran paspor dipungut biaya administrasi, jadi persiapkan uang Anda. Jumlah pembayaran berbeda-beda, tergantung berapa jumlah halaman paspor yang Anda inginkan dan jenis paspor apa yang Anda daftarkan. Jika daftar e-paspor online, maka Anda juga akan dikenakan tarif yang berbeda. Ingat, setelah membayar, lakukan konfirmasi !

5.    PergiKe Kantor Imigrasi
Pengajuan pendaftaran online paspor, tidak lantas membuat Anda tidak perlu dating kekantor imigrasi. Mendaftarkan diri melalui website hanya sebagai cara daftar antrian paspor online sebab antriannya perhari bisa mencapai ratusan,dan biasanya orang-orang sudah berada di depan kantor sejak pukul 5.30 pagi. Jika Anda tidak keberatan mengantri lama, maka Anda dipersilakan untuk mendaftar secara regular.
Apa yang dilakukan di kantorimigrasi ? Anda akan melakukan proses verivikasi data serta wawancara singkat. Pada umumnya, Anda akan ditanya mengenai tujuan pembuatan paspor, tujuan negara, dan apa saja yang akan Anda lakukan di sana. 

Cara Membuat Paspor Online


6.    Pengambilan (Proses Akhir)
Proses selanjutnya yaitu pengambilan paspor. Apabila antrian sangat banyak, biasanya paspor tidak akan jadi pada hari itu juga. Butuh setidaknya tiga hari dan Anda harus kembali kekantor Imigrasi. Mudah bukan caranya ? Segeralah mendaftar, meskipun belum memiliki tujuan jalan-jalan keluar negeri, namun dengan memiliki paspor Anda bisa termotivasi untuk menjajal berbagai tempat di luar Indonesia.


EmoticonEmoticon