Selasa, 24 April 2018

Cara Memperbaiki Printer Eror dan Tinta Tidak Keluar dengan Mudah


cara memperbaiki printer eror, macet, tinta tidak keluar

Selain komputer dan laptop, printer juga merupakan salah satu perangkat yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang, terutama mereka yang sering ‘berinteraksi’ dengan file cetak. Memang sekarang ada banyak orang yang membuka jasa cetak file dengan printer ini, tetapi ada kalanya tempat percetakan tersebut ramai sehingga banyak orang yang kemudian memutuskan untuk membeli printer pribadi.
Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Kalau begitu Anda tahu dong bahwa printer ini juga bisa mengalami berbagai masalah seperti macet, tintanya tidak bisa keluar atau bahkan tidak bisa mencetak sama sekali, Lalu bagaimana cara memperbaiki mesin printer ? Dalam menghadapi berbagai masalah tersebut, maka otomatis Anda harus mengetahui penyebabnya juga. Lebih lengkapnya, coba perhatikan uraian berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Macet
 
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan printer menjadi macet, dan dalam mengatasinya, Anda harus mengetahui beberapa penyebabnya ini, sebagai berikut:

1.    Ada Kemungkinan Driver Printer Bermasalah
cara memperbaiki printer

Penyebab printer macet yang pertama adalah adanya kemungkinkan driver printer bermasalah. Jika ini benar terjadi, maka tidak heran proses pengiriman data yang dari laptop atau computer ke printer jadi terganggu. Cara mengatasinya adalah dengan memastikan bahwa driver printer ini terpasang dengan benar. Kemudian pastikan pula bahwa kondisi driver memang tidak bermasalah.

Pengecekan driver ini bisa Andal lakukan dengan cara menjalankannya. Anda bisa juga melakukan install ulang driver supaya Anda menjadi lebih yakin lagi bahwa driver printer yang ada pada perangkat Anda memang tidak bermasalah.

2.    Ada Kemungkinan Roll Penarik Kertasnya Rusak

rol mesin print


Jika macetnya printer karena penyebab yang kedua ini, Anda bisa mencoba memperbaiki mesin printer Anda tersebut dengan cara memeriksanya roll secara langsung untuk mendeteksi adanya gangguan. Pengecekan ini bisa Anda awali dengan membuka penutup printer lalu periksa jalur keluar masuknya kertas.

Kalau memang ada sesuatu yang mengganggu seperti adanya benda yang tersangkut di roda penggerak sehingga roda tidak bisa bekerja dengan baik, coba hilangkan pengganggu itu. Perhatikan pula bagian roll-nya kalau – kalau ada bagian yang tidak beres, dan jika Anda sudah yakin dengan adanya kerusakan di bagian roll ini, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3.    Printer Terlalu Banyak Memuat Kertas

Selanjutnya, Anda juga harus tahu bahwasanya printer itu memiliki batas maksimal kertas yang bisa dimasukkan. Jika Anda memaksa memasukkan kertas dalam jumlah yang banyak, roll bisa kesulitan menarik kertas-kertas tersebut. Cara mengatasi printer macet karena masalah ini adalah tentu saja dengan mengurangi jumlah kertas yang Anda masukkan.

Hindari pula menggunakan kertas yang terlalu tebal, karena ini juga bisa mengakibatkan rol tidak mampu bekerja, entah itu karena kemampuan roll yang kurang atau bisa juga karena space printer yang memang tidak memadai. Jadi, untuk mengatasinya, gunakan kertas yang tipis-tipis sajaya.

4.    Printer sudah Melampaui Batas Cetak

Selain memiliki batas maksimal jumlah kertas yang bisa dimasukkan, kertas juga memiliki batas maksimal jumlah pencetakan. Batas maksimal jumlah pencetakan ini memang sudah disetting oleh para produsen printer karena berbagai alasan.

Jadi, jika printer Anda macet karena hal ini, Anda bisa mencoba mereset printer Anda dengan menggunakan software khusus untuk reset printer. Software ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet.

5.    Paper Jam

Cara memperbaiki mesin printer yang mengalami paper jam adalah dengan mengeluarkan kertas yang tersangkut di dalam printer. Langkah-langkahnya adalah matikan printer terlebih dahulu, kemudian lepas kabel-kabel yang terhubung dengan printer. Setelah itu, buka bagian penutup printer, buka pula pemisah kertasnya.

Pegang kertas yang menjadi penyumbat lalu tarik secara perlahan sampai semua kertas berhasil keluar. Jika sudah Anda bisa mengembalikan pemisah kertas keposisinya yang semula lalu pasang penutup printernya.

Mengatasi Printer yang Tintanya tidak Keluar

                                                     source : www.RagamPrinter.com
 
Tinta printer tidak keluar juga merupakan masalah umum yang biasa terjadi. Biasanya ini diakibatkan oleh tinta printer tersebut kosong atau bisa juga karena karbon yang adapada pita printer habis. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba memperbaiki mesin printer dengan cara yang ada di bawah ini:

a. Coba lakukan penggantian pita, toner atau tinta dengan yang baru
b. Mungkin ada yang menghalangi antara head dengan kertas sehingga tinta tidak mau tercetak pada kertas. Coba Anda periksa di bagian ini
c. Ada kemungkinan juga tinta yang sebelumya ada di bagian head telah mongering sehingga printer mengalami penyumbatan. Ini biasanya terjadi karena printer tersebut tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama
d. Kalau printer Anda bagian headnya bisa dilepas dengan mudah, Anda bisa mencoba menyelesaikan masalah tinta yang tidak keluar ini dengan cara berikut:

-    Coba lepaskan catridge dan head dari printer, kemudian pisah kan kedua bagian ini
-    Pastikan bahwa Anda tidak memegang ataupun sekedar menyentuh rangkaian elektronik di sekitar head yang sudah dilepas tadi, karena ini hanya akan menimbulkan kerusakan lain
-    Ambil air panas secukupnya lalu tuangkan kedalam mangkok
-    Coba Anda celupkan bagian ujung head kedalam mangkok yang telah berisi air panas tadi. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai air tersebut menyentuh rangkaian elektronik di sekitar head
-    Goyangkan head sampai tinta yang ada di dalamnya mencair
-    Anda bisa mengulangi langkah pencelupan di atas sebanyak 4 kali hingga 6 kali. Tetapi sebaiknya gunakan air panas yang baru tiap kali pengulangan
-    Jika sudah, keringkan head tersebut dengan kain yang halus. Pastikan sampai benar-benar keringya
-    Setelah kering, coba satukan head dengan catridge, yang sebaiknya masih baru
-    Pasang kembali head serta catridge tersebut ke printer, lalu coba gunakan untuk mencetak
Jika Anda sudah melakukan berbagai langkah-langkah pembersihan head seperti yang telah disebutkan sebelumnya, namun ketika dicoba tinta tidak mau keluar juga, ada kemungkinan terjadi penyumbatan hingga pipa yang menyalurkan tinta. Jika memang hal ini yang terjadi, Anda bisa mencoba mengupai saluran tinta tersebut dengan uap yang panas sehingga tinta bisa mencair.

Masalah Printer tidak Bisa Ngeprint
 
Jika Anda mendapati printer tidak bisang ngeprint, Anda bisa memperhatikan beberapa cara memperbaiki mesin printer dibawah ini, siapa tahu bisa  membantu.

1. Perhatikan bagaimana koneksi printer, terutama yang terhubung dengan jaringan listrik. Pastikan bahwa printer Anda memang sudah tersambung dengan listrik secara sempurna
2. Kemudian, pastikan bahwa printer Anda memang berada dalam kondisi yang ready, artinya tombol power printer sedang dalam mode on. Jika tombol power sedang dalam mode off, jangan heran jika printer tidak bisa dipakai untuk ngeprint. Jika printer Anda tidak ada tombol power, biasanya jika printer sudah ready lampu indikatornya tetapakan menyala
3. Kemudian, coba Anda periksa apakah printer sudah terhubung dengan port USB computer atau laptop dengan benar
4. Jika ternyata poin ketiga di atas sudah beres tetapi data dari computer tetap tidak bisa sampai ke printer, Anda bisa mencoba memakai kabel data printer yang lainnya, siapa tahu kabel data printer yang sedang Anda pakai tengah bermasalah

Demikian ulasan singkat kami tentang cara memperbaiki printer eror, semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat bagi yang membutuhkan


EmoticonEmoticon