Selasa, 24 April 2018

Cara Memperbaiki Aki Basah dan Aki Kering Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Aki dengan Mudah

Aki merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi utama sebagai penyuplai energi bagi kendaraan bermotor sehingga kendaraan bermotor tersebut bisa bergerak. Jenis aki ini ada 2 macam yaitu aki yang kering dan aki yang basah. Umumnya, aki kering bisa bertahan paling lama 2 tahun, sementara untuk aki yang basah, biasanya umurnya paling lama adalah 5 tahun.
Namun, ada cukup banyak orang yang mengeluhkan masalah aki ini. Aki jadi cepat habis padahal belum waktunya, dan ada juga yang mengeluh bahwa akinya rusak. Ketika aki Anda telah mengalami kerusakan seperti ini, sebaiknya Anda tidak langsung membuangnya. Mari coba memperbaiki aki tersebut dengan cara yang kami bagikan di bawah ini terlebih dahulu.

Memperbaiki Aki Kering yang Rusak
 
Yang pertama kita bahas adalah cara memperbaiki aki kering terlebih dahulu. Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa memperbaiki aki rusak bisa membuat Anda mengeluarkan biaya yang cukup banyak bila perbaikannya ini Anda serahkan ke teknisi. Tetapi berbeda halnya dengan Anda melakukan perbaikan sendiri, karena yang perlu Anda siapkan dan Anda lakukan hanyalah sebagai berikut:

1.    Bahan yang Harus Disiapkan

Yang pertama, Anda harus menyiapkan beberapa bahan yang tertera dalam daftar berikut ini:

a. Cairan aki yang sebaiknya masih baru
b. Obeng
c. SPED atau suntikan plastik, jika ada yang bekas tinta printer atau bekas yang lainnya juga boleh Anda gunakan
d. Lem plastik, serta
e. Kain lap

2.    Cara Memperbaiki

Setelah bahan-bahan di atas siap, kini Anda sudah bisa memperbaiki aki Anda dengan beberapa langkah yang ada di bawah ini:

a.    Membongkar Aki
 
Langkah pertama untuk memperbaiki aki yang kering ini adalah membongkarnya. Tetapi, sebelum Anda membukanya, sebaiknya Anda bersihkan bagian luar aki terlebih dahulu supaya kotoran ataupun material lainnya tidak masuk ke bagian dalam. Proses pembersihan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan kain yang telah disediakan tadi.

Setelah bersih, barulah Anda boleh membukanya. Proses membuka ini menggunakan obeng dengan mencongkel bagian tutup aki lebih dulu hingga terbuka. Hati-hati saat membuka tutup aki ini supaya aki tidak sampai rusak ataupun pecah, karena jika aki telah rusak, maka Anda akan kesulitan untuk menggantinya mengingat sparepart-nya juga tidak ada.

b.    Mengisi Air Aki

aki basah
 
Setelah tutupnya dibuka, tugas Anda selanjutnya adalah masukkan air aki ke dalam suntikan, kemudian masukkan suntukan tersebut ke dalam lubang karet yang ada pada aki dengan jarak mencapai 1 cm di bawah lubang. Lakukan pengisian ini secara merata hingga aki penuh.

Sebelumnya, perhatikan dahulu bahwa lubang karet yang dimaksud tadi kondisi sudah terbuka. Biasanya akan ada lubang sebanyak 3 hingga 10 buah tergantung pada kapasitas ampere aki. Semakin banyak lubang karet ini maka kapasitas amperenya juga semakin besar dan otomatis ada banyak sel juga di dalamnya.

Nah, setelah aki ini penuh, tutup dengan rapat lubang karetnya dan pastikan supaya tidka mudah untuk dibuka lagi. Kalaupun pada bagian tutup ada retakan atau kerusakan, rekatkan dengan lem plastik terlebih dahulu supaya tidak terjadi kebocoran.

c.    Isi Daya Listrik Aki
 
Langkah yang selanjutnya adalah beri setrum pada aki. Ini adalah proses pengisian daya yang intinya adalah sama dengan ketika Anda mengecas hp dengan adaptor. Mengenai pengisian daya listrik ini Anda bisa melakukannya dengan cas aki langsung atau dengan aki motor lain. Sebagai tambahan informasi, coba perhatikan yang di bawah ini:

-    Mengisi Daya Listrik Aki dengan Cas Aki
Mengisi dengan adaptor aki sendiri tentu lebih efisien. Cas aki ini sekarang banyak dihual di pasaran sehingga kalau Anda mau, Anda bisa membelinya dengan mudah. Cas aki ini juga yang banyak dipakai oleh para penyedia jasa setrum aki serta tukang service aki. Mengenai caranya, Anda bisa membacanya di internet karena sudah banyak yang membagikan hal ini.

-    Mengisi Daya Listrik Aki dengan Aki Motor Lain
Jika Anda tidak memiliki ataupun tidak sempat membeli cas aki, Anda bisa menggunakan aki motor yang lainnya. Jika Anda lebih memilih cara yang kedua ini, Anda harus memperhatian bahwa aki yang hendak Anda pakai kondisinya sedang prima ya.

Mengenai caranya, Anda bisa menjamper aki lalu nyalakan motor yang bersangkutan kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam. Pastinya cara ini tidak seefisien cara yang pertama di atas ya, tetapi tak apalah Anda lakukan sebagai langkah alternatfnya. Usahakan agar Anda memanaskan mesin begitu Anda selesai memasangnya pada motor Anda.

Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

memperbaiki aki

 Nah, sekarang bagaimana jika yang rusak adalah aki basah? Jika memang demikian, maka Anda bisa memperbaiki aki tersebut dengan cara yang tak kalah mudah dengan memperbaiki aki yang kering di atas. Jika tidak percaya, coba deh simak poin-poin yang ada di bawah ini:
1.    Siapkan Alat dan Bahan yang Terdiri Atas:
Sebelum Anda mengetahui cara memperbaikinya, Anda perlu menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, yang terdiri atas:

a.    Air panas
b.    Obeng ataupun benda lain yang bisa dipakai untuk membuka aki
c.    Air aki yang sebaiknya juga masih baru
d.    Bodrex yang merupakan obat untuk sakit kepala

2.    Cara Memperbaiki
Adapun langkah-langkah memperbaiki aki yang basah bisa Anda lihat di bawah ini:

a. Siapkan aki rusak yang Anda maksud
b. Jika sudah, sebaiknya Anda bersihkan dahulu semua kotoran yang menempel padanya. Bersihkan pula cairan yang terdapat pada sel-selnya ya
c. Setelah bersih, Anda bisa langsung memasukkan air panas yang telah Anda siapkan tadi ke dalam sel yang telah dibersihkan, supaya sel-sel yang mati bisa dibersihkan untuk kemudian dibuang
d. Sebaiknya ulangi poin (c) di atas sebanyak 3 kali ataupun 4 kali itu terserah Anda, yang penting sampai air panas yang dibuang tampak agak bersih
e. Begitu aki mati Anda tersebut selesai dibershkan, selanjutnya Anda harus mengeringkannya. Proses pengeringan ini bianya memakan waktu antara 3 jam hingga seharian lamanya tergantung pada kondisi aki dan cuaca
f. Sembari menunggu aki kering, mungkin Anda bisa menghaluskan bodrex terlebih dahulu. Untuk menghaluskan bodrex ini bisa Anda lakukan dengan cara menumbuknya
g. Jika aki sudah kering dan bodrex sudah siap, ini waktunya Anda memasukkan tumbukan bodrex terlebih dahulu ke dalam setiap sel aki. Sebaiknya untuk satu sel satu obat bodrex ya.
h. Jika sudah, Anda bisa langsung mengisi setiap sel aki dengan air aki yang sudah dipersiapkan sebelumnya
i. Apabila Anda sudah selesai dengan langkah di atas, kini Anda harus mendiamkan aki tersebut, setidaknya selama 1 hari supaya aki yang telah diperbaiki ini menjadi sempurna kembali dan siap untuk digunakan



EmoticonEmoticon